Kamis, 31 Agustus 2017

5 Ide Peluang Usaha Yang Cocok Bagi Penghobi Burung Atau Kicau Mania

Ide Usaha Yang Cocok Buat Penghobi Burung – Bagi anda yang hobi dengan burung kicauan atau biasa disebut Kicau Mania. Memiliki pendapatan dari hobi sepertinya merupakan ide yang bagus dan cocok dijalankan mulai dari sekarang.

Hampir sebagian besar seorang penghobi burung ketika mereka merawat burung kesayangan lebih banyak merugi. Karena terkadang besarnya uang yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan.
Atau Kicau Mania
Kicau Mania
Contohnya adalah ketika sebulan gaji dari mereka sebesar tiga juta rupiah (Rp.3.000.000) digunakan untuk membeli satu burung dengan harga yang sama dengan penghasilan. Dan burung tersebut mereka rawat selama satu tahun dengan biaya perawatan sebesar dua juta (2.000.000) selama setahun.

Ketika mereka sudah bosan dan menjual burung tersebut seharga tiga setangah juta rupiah (Rp 3.500.000) atau bahkan sampai mati maka bisa dikatakan kita merugi. Namun banyak yang mengatakan bahwa hal itu bukanlah rugi melainkan suatu kesenangan dalam hobi tak ternilai harganya.

Hal tersebut memanglah benar adanya dan saya sendiri mengiyakan hal tersebut karena saya sendiri juga mengalami hal tersebut. Tidak jarang dari para kicau mania ketika burungnya ditawar orang lain dengan harga tinggi namun tidak diberikan dengan alasan masih sayang. Meskipun akhirnya burung tersebut tidak lama lagi akhirnya mati.

Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba mencari peruntungan dari hobi kita agar bisa mendapat penghasilan sampingan. Sekarang ini masih sedikit dari para Kicau Mania yang mulai menyadari hal tersebut.

Kini menjadi kesempatan anda untuk mengikuti jejak mereka dimana hobi dapat menghasilkan uang tambahan. Mulailah dari sekarang juga sebelum kesempatan ini diambil oleh orang lain karena yang membaca tulisan ini bukan hanya anda sendiri.

Peluang dalam berbisinis di dunia hobi sangatlah besar terlebih tentang dunia burung. Dimana hampir sebagian besar para laki-laki menyukai burung kicauan.

Ada beberapa ide usaha yang dapat anda jalankan sesuai dengan kemampuan anda. Disini kami merangkum beberapa contoh jenis usaha yang cocok buat dijadikan samping bagi para kicau mania.

1. Menjadi Pedagang Burung Online
Di era digital sekarang berjualan burung tidaklah harus dipasar burung atau tempat yang lain. Kini anda dapat menjual burung milik anda di rumah dengan menggunakan media social seperti facebook atau instagram. Dua tahun belakangan sudh banyak berkembang grup-grup facebook yang dibuat khusus untuk jual beli brurung secara online. Jadikan kesempatan ini untuk anda mencari tambahan tanpa harus membawa burung dari pasar ke pasar. Mulailah bergabung dan berjualan dengan baik agar cepat laku.

2. Menjual Pakan Dan Aksesoris
Ide kedua adalah menjual pakan burung dan asksesorisnya bisa dengan membuka lapak didepan rumah atau lewatr media social (online). Semakin berkembangnya dunia perburung di Indonesia kini produk-produk tentang burung semakin banyak bermunculan. Dan pengetahuan masyarakat tentang merawat burung dengan memberikan pakan yang terbaik dan menjaga kesehatan burung dengan memberikan vitamin dan obat semakin meningkat.

Maka permintaan pasar tentang pakan maupun aksesoris yang lain semakin meningkat hampir tidak ada produk yang tidak laku dipasaran. Pilihlah jenis produk yang banyak dicari seperti pakan lovebird, vitamin khusus untuk breeding, aksesoris kandang utuk lomba dan lain-lain.

3. Menawarkan Jasa Loloh Anakan Burung
Dari hari ke hari para peternak burung semakin bertambah banyak terlebih mereka dituntut untuk mengejar produksi anakan. Maka mau tidk mau mereka harus meloloh sendiri setiap anakan yang menetas agar indukan segera berproduksi kembali. Hampir sebagian dari mereka memilih menggunakan jasa loloh burung mengingat mereka sudah sibuk dengan mengurusi indukan dikandang. Banyak sekali anakan burung yang diloloh sendiri seperti murai batu, cucak rowo, jalak, atau lovebird.

4. Membuat Kandang atau aksesoris
Jika anda memiliki keahlian dalam membuat kandang tidak ada salahnya anda enjual produk buatan anda sendiri. Tawarkan di media social atau teman dekat anda yang juga hobi burung. Lama kelamaan jika produk anda memang benar layak dan bagus para pelanggan akan dating dengan sindirinya.

5. Membuat Produk Sendiri
Ini memang terdengar sulit namun jika kita mampu maka pendapatn yang akan kita terima juga besar. Jika anda sudah lama menggeluti bidang ini dan focus pada salah satu jenis burung. Biasanya kita memiliki resep tersendiri dalam membuat burung menjadi sehat atau rajin bunyi. Tidak ada salahnya jika resep tersebut kita komersilkan dengan di kemas sedemikian rupa. Sehingga terlihat menarik dan mampu membrikan efek yang baik kepada burung maka besar kemungkinan produk anda akan laku dipasaran.

Perlu kita tahu belum ketatnya pantauan pemerintah tentang pakan burung maka menjadi kesempatan emas untuk mebuat sebuah produk tanpa harus mebuat ijin usaha dan yang lainnya.

Berikut beberapa contoh ide usaha yang bisa dilakukan oleh kicau mania sebagai pneghasilan tambahan selain merawat burung kesayanganya. Jika asih ad aide lain silahkan anda tambahkan pada kolom komentar dibawah. Kami akan segera menambahkan ide dari anda secepatnya.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon